Tips Cara Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD jenis APU

Buat para gamer pengguna processor AMD yang mungkin masih mencari Cara Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD, Troublekit punya beberapa tips yang bsia menjadi referensi untuk mengoptimalkan kemampuan processor AMD. Khusunya untuk AMD APU A series, C series, dan E series.

1. Menggunakan RAM Dual channel  berkecepatan tinggi




Apa itu RAM dual channel?? adalah sebuah prinsip kerja memory, untuk menggunakan dual channel ini membutuhkan 2 Memory yang sama, bagusnya merk dan kapasitasnya pun harus sama. selain itu mainboard dan chiosetnya pun harus support dengan dual channel.


AMD APU lebih optimal jika digunakan bermasa dengan RAM dual channel yang mempunyai kecepatan tiggi, maksud dari kecepatan tinggi di sini adalah frekuensi dari RAM tersebut tinggi. untuk contoh kecepatan TAM 2133Mhz tentu saja akan lebih cepat di bandingkan dengan RAM yang memiliki frekuensi RAM 1866Mhz. Namun biasanya RAM default yang diberikan oleh manufaktur komputer hanya memiliki frekuensi RAM 1033 Mhz, karena disesuaikan dengan motherboard dan Processornya. Jika ingin menggunakan RAM yang memiliki kecepatan tinggi anda harus upgrade motherboard atau processornya menjadi support dengan kecepatan RAM yang kita inginkan.

2. Gunakan SSD atau HDD 10.000 rpm




Jika anda masih kurang puas dengan hasil yang diberikan dengan menggunakan RAM dual channel anda bisa menggunakan HDD berkecepatan 10.000rpm atau SSD. pada dasarnya produsen komputer hanya memberikan hardisk dengan kecepatan 5400rpm, namun bukannya meremehkan hardisk dengan kecepatan 5400rpm, hanya saja untuk kecepatan itu masih bisa dibilang lambat untuk membaca data dan menulis data.

3. Update Catalyst Control ke versi yang lebih tinggi




AMD catalyst ini adalah Driver yang penting untuk APU, dengan update dari AMD catalyst processor anda dalam bermain game akan bekerja dengan optimal. namun saya ingatkan jangan update jika Catalyst anda berversi BETA, biasanya masih terdapat banyak masalah dari update yang di rilis.

4. Pastikan suhu dari processor tidak melebihi dari 60 derajat celcius




Suhu pada processor sangatlah berpengaruh untuk kinerja dari processor itu sendiri, untuk mengetahui suhu dari processor anda bisa menggunakan software yang bernama Speedfan dan HWinfo (bisa dicari di google)
Solusi yang bisa digunakan adalah dengan cara menambahkan fan atau kipas tambahan pada processor.

Sekian tips Cara Mengoptimalkan Kemampuan Processor dari troublekit, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments