Jenis-Jenis Perangkat Untuk Mengakses Internet Dan Fungsinya


Jenis-Jenis Perangkat Untuk Mengakses Internet Dan Fungsinya - Untuk mengakses kedalam jaringan Internet tentunya ada beberapa syarat yang harus kita penuhi, yaitu kita membutuhkan perangkat untuk mengakses internet itu sendiri. pada dasarnya jenis-jenis perangkat yang kita butuhkan dibagi menjadi 2 bagian yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). perangkat tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi syarat untuk mengakses ke jaringan komputer.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja perangkat untuk mengakses internet pada perangkat keras dan perangkat lunak. berikut adalah perangkat yang harus harus ada untuk mengakses internet beserta fungsinya.

Perangkat keras ( Hardware )

Pertama kita akan membahas perangkat keras, seperti yang kita ketahui perangkat keras bersifat fisik dan dapat dirasakan oleh indera manusia. lalu apa saja dari perangkat keras ini yang dibutuhkan untuk mengakses internet? berikut ini bagian perangkat keras yang harus anda miliki.

  • Modem


Modem atau juga disebut (modulator dan demodulator) adalah perangkat keras yang sudah banyak digunakan untuk mengakses internet. sesuai namanya modulator dan demodulator modem ini berfungsi dua arah, berperan sebagai penerima sinyal analog kemudian dirubah menjadi sinyal digital agar dapat bisa digunakan pada suatu device, contohnya seperti komputer atau laptop.

Fungsi dari modem
1. berfungsi untuk menerima sinyal dari internet service provider (ISP)
2. Berfungsi untuk membuat koneksi dari suatu device ke dalam suatu jaringan internet

Pada saat ini modem sudah sangat umum untuk digunakan. bahkan banyak jenis modem yang bisa digunakan seperti modem USB stick, modem ADSL(modem yang menggunakan kabel telpon, hingga modem jenis Wifi ataupun Mifi.
  • Access Point
Perangkat keras untuk mengakses internet selanjutnya kita harus memiliki access point, access point adalah perangkat yang berfungsi untuk melepaskan atau memancarkan nirkabel dari Interne Service Provider (ISP). dari segi fungsi access point sama seperti modem, namun kalau lumrahnya biasa kita kenal dan kita sebut hotspot.
  • Komputer dan Device

Untuk perangkat selanjutnya adalah komputer dan device, tentu saja perangkat ini perangkat yang sangat penting jika ingin menggunakan komputer. komputer atau device seperti komputer, laptop, tablet, smarthpone dan perangkat lain yang biasa digunakan untuk mengakses internet. karena jika tidak ada komputer atau device lainnya apa yang akan kita gunakan untuk mengakses internet?? hehehe
  • Kabel Jaringan

Mungkin pada saat ini memang sebagian pengguna komputer atau device untuk mengakses internet sudah banyak menggunakan koneksi internet dengan teknologi nirkabel, namun kita juga jangan melupakan kabel jaringan. karena penggunaan kabel jaringan biasanya banyak digunakan pada home broadband, ada banyak juga jenis-jenis kabel jaringan yang digunakan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan dari pelanggan dari ISP.

Kabel jaringan bertugas mentansmisikan paket data dari Server Penyedia ISP kemudian akan diteruskan ke access point dan receiver modem.
  • Server
server adalah bagian perangkat keras yang bisa dibilang sangat penting dalam sebuah jaringan komputer ataupun internet. karena server adalah komputer yang dibuat khusus sebagai pusat data yang nantinya seluruh dari data ataupun informasi yang ada pada komputer server di transmikan ke komputer client.

Jika server tidak tersedia, maka pastinya kita tidak akan mendapatkan data atau konten yang kita inginkan. server juga berfungsi sebagai penentu kecepatan dari internet untuk mengakses data. semakin jauh lokasi server maka kecepatan yang akan kita dapatkanpun tidak akan stabil.
  • Router
perangkat keras selanjutnya adalah router, perangkat keras ini juga telah banyak digunakan sebagai perangkat untuk mengakses internet. router berperan untuk melakukan penghalaan dan penyaluran koneksi internet yang melalui protocol.
Router berfungsi untuk pendukung agar jaringan bisa tersalurkan lebih baik dan efisiensi.
  • Wireless Network Adapter

wireless network adapter adalah perangkat yang berapada pada bagian dalam komputer client yang bertugas agar komputer mendapatkan akses internet. dengan cara menangkap sinyal dri acces point yang berupa wireless atau nirkabel. dengan kata lain adapter untuk hotspot.
  • Port USB
Seperti yang kita ketahui sebelumnya jenis modem ada macam-macam jenisnya, dan salah satunya adalah modem yang menggunakan USB  (USB modem). jadi kita jangan hanya mengira port USB hanya digunakan untuk flashdisk atau sambungan kabel data saja ya, hehe
  • Antena Eksternal
Perangkat ini biasanya hanya diperlukan untuk beberapa kondisi tertentu seperti kondisi berikut.

1. Sinyal yang jelek / buruk
2. lokasi kita dengan pemancar koneksi internet / modem terlau jauh
3. lokasi yang mungkin terlalu banyak tembok atau bangunan tinggi

biasanya perangkat antenna ini bertugas untuk menangani smartphone, laptop, ataupun komputer yang menggunakan wireless.

Perangkat Lunak ( Software )

Selain perangkat keras juga ada perangkat lunak yang akan mendukung anda agar dapat mengakses internet seperti berikut.
  • Sistem Operasi (OS)

Hal yang pertama dari bagian perangkat lunak ini kita membutuhkan suatu sistem operasi untuk menjalankan sebuah komputer, sehingga hal ini adalah hal ke 2 yang sangat dibutuhkan untuk mengakses internet setelah komputer atau device yang telah kita bahas.
  • Driver software
    Driver adalah sebuah software yang bertugas untuk menjalankan atau mengoptimalkan hardware yang ada pada komputer yang kita gunakan. untuk mengakses internet anda setidaknya harus mempunyai salah satu dari driver ini yaitu, Driver wireless network adapter atau driver dari Modem USB
    • Web Browser

    Web browser adalah sebuah media atau software yang kita gunakan untuk berselancar di internet, tentu saja anda mengakses blog Troublekit.blogspot.co.id ini juga menggunakan web browser. baik itu web browser dari smartphone ataupun komputer anda.

    Terima kasih sudah berkunjung pada artikel Jenis-Jenis Perangkat Untuk Mengakses Internet Dan Fungsinya. Jika bermanfaat tolong bantu sebarkan kepada teman-teman lainnya agar menjadi lebih bermanfaat. Terima kasih ^_^
    Reactions

    Post a Comment

    0 Comments