Jenis-Jenis LAN Card Dan Fungsi LAN Card


Jenis-Jenis LAN Card Dan Fungsinya - Pada saat ini teknologi informasi sudah semakin berkembang dengan cepat. hal ini bisa kita lihat dari berbagai macam jenis komputer yang beragam, misalnya seperti laptop, notebook, dan komputer personal.

Di dalam satu komputer dengan komputer yang lain bahkan memiliki komponen-komponen yang beragam yang bertujuan untuk membantu kinerja suatu komputer agar bisa memiliki kinerja sesuai kebutuhan dari si pengguna komputer tersebut.

Nah pada kali ini kita akan kita akan membahas satu komponen komputer yang bisa dibilang penting bagi pengguna komputer yang ingin mengakses jaringan atau networking yaitu LAN Card.

Jenis – jenis dari LAN Card

Seiring berjalannya waktu, pada teknologi informasi ini sudah mengalami banyak perubahan. misalnya saja ada 4 jenis LAN Card yang bisa kita bahas pada kali ini. berikut 4 jenis LAN Card

  • LAN ISA

LAN ISA ada jenis LAN Card yang pertama kali ditemukan dan pertama kali juga di aplikasikan dalam sebuah komputer.
  • LAN PCI

LAN PCI berhasil dipublikasikan sekitar tahun 1992. LAN jenis ini ada generasi penerus dari LAN ISA. selain itu LAN PCI ini masih banyak dipergunakan pada komputer dan laptop hingga sekarang.
  • LAN USB

LAN USB seperti yang kita ketahui dari namanya LAN card ini menggunakan teknologi USB untuk melakukan konektifitas. untuk contohnya modem USB, kalau menurut saya LAN Card ini salah satu dari jenis LAN Card yang mudah digunakan dan cukup simpel. karena bersifat portable kita bisa membawanya kemana - mana.
  • LAN Card Wireless

LAN Card jenis ini merupakan generasi penerus dari LAN Card yang menurut saya tidak ribet juga untuk digunakan, karena untuk melakukan konektifitas kita tidak membutuhkan kabel sehingga kita dapat bebas bergerak pada jangkauan jaringan LAN tersebut. namun kita juga membutuhkan antenna untuk menangkap dan juga melepaskan sinyal dari modem LAN Card wireless tersebut.

Fungsi dari LAN Card pada Komputer

Setelah kita mengetahui jenis-jenis LAN kita akan membahas apa yang bisa kita lakukan dengan adanya LAN Card Pada komputer kita.
  • Fungsi LAN Card Untuk Bermain Game Multiplayer
Untuk anda yang suka bermain game, nama dari LAN pasti sudah tidak asing lagi di dengar apa lagi untuk gamer game online atau yang sering bermain game multiplayer bersama temannya. untuk menyambungkan beberapa komputer berada dalam 1 permainan walaupun berbeda komputer tanpa menggunakan koneksi internet.
  • Chatting Antar komputer dalam Satu Gedung
Untuk fungsi yang kedua ini biasanya sering digunakan pada komputer kantor, sekolah, ataupun gedung yang memiliki area yang cukup luas biasanya menggunakan LAN Card untuk melakukan komunikasi. karena LAN ini akan memungkinkan mempermudah komukasi antar user tanpa bertatap muka langsung tanpa membutuhkan koneksi dari internet.
  • Berbagi Koneksi Jaringan Internet atau File Jaringan LAN
Seperti yang pernah kita bahas dari artikel Cara Sharing Data Antar Komputer Dalam Satu Jaringan Lan, hal tersebut mempermudah kita membagi file ataupun jaringan dan koneksi internet dengan mudah menggunakan LAN card.
  • Dimanfaatkan Untuk Kebutuhan Warnet
Untuk anda yang ingin membuka warnet LAN Card merupakan hal yang wajib ada untuk menghubungkan antar komputer bagi User Client anda. untuk manfaatnya seperti yang kita ketahui seperti diatas yang sudah kita bahas.

Demikian pembahasan kita pada artikel Jenis LAN Card Dan Fungsi
Jika bermanfaat share artikel ini ya. Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments