Cara Mengatasi File Yang Dihapus Tidak Ada Di Recycle Bin

Cara mengatasi file yang dihapus tidak ada di recycle bin - Halo sahabat blogger, Mungkin kamu saat ini sedang bingung kenapa recycle bin kosong terus padahal ada file yg dihapus? memang gawat juga kalau misalnya file yang terhapus tidak ada di recycle bin, apalagi jika kita tidak mengaktifkan konfirmasi delete pada komputer windows kita. Seperti kejadian saya waktu itu yang tidak mengaktifkan fitur konfirmasi delete. pada waktu itu saya memblok beberapa file yang akan saya hapus, kemudian menghapus file tersebut. Setelah beberapa waktu saya pun baru sadar, bahwa saya kehilangan file yang ada kemungkinannya terhapus beberapa waktu lalu.

Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu pada pengaturan Recycle bin itu sendiri atau kamu menghapus data flashdisk atau hardisk eksternal. biasanya untuk data dari penyimpanan eksternal tidak akan masuk ke recyle bin, sehingga nantinya kamu harus lebih berhati-hati lagi untuk menghapus data yang ada pada penyimpanan eksternal. Kalau cara mengembalikan data yang terhapus pada hardisk eksternal kita membutuhkan sebuah software. namun tidak akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Kemudian jika masalahnya kamu menghapus file yang ada pada hardisk/penyimpanan internal, kamu harus mengubah pengaturan dari recycle bin pada komputer kamu. untuk tutorialnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengatasi File Yang Dihapus Tidak Ada Di Recycle Bin


1. Klik kanan pada icon Recycle bin yang ada pada desktop.
2. Kemudian kamu pilih Properties.
3. Setelah itu Properties Recycle bin akan muncul, di sana kamu akan melihat beberapa partisi yang ada pada komputer.
4. Setelah itu kamu klik salah satunya, lalu kamu lihat apakah pengaturan yang ada pada "Settings for selected location", di sana ada 2 pilihan, yaitu 1. "Custom size" dan 2. "Don't move file to the recycle bin remove file immediately when delete".


5. Jika pengaturan ada pada no 1 biasanya data yang terhapus akan ada di recycle bin. dan jika pengaturan ada pada no 2 maka file yang dihapus tidak akan masuk ke recycle bin. jika benar ada pada no 2 kamu ubah pengaturannya ke Custom size. sehingga nantinya data yang di hapus akan masuk ke recycle bin.


Biasanya hal tersebut sudah dapat menjadi jawaban atas pertanyaan kamu kenapa file yang dihapus tidak ada di recycle bin. Sangat mudah bukan? Itulah pembahasan yang dapat saya uraikan pada kesempatan kali ini. mohon maaf jika ada kekurangannya. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

3 Comments

  1. tadi saya klik ctrl z dua kali file saya kk bisa hilang ya bagaimana cara mengembalikananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal penyimpanannya dimana itu gan? kalo misalnya di copy itu tinggal balik lagi ke tempat file tadi, juga biasanya kalo misalnya dari hardisk pasti kembali ke penyimpan asal, kalo di flashdisk biasanya tidak bisa dikembalikan lagi

      Delete
  2. sangat membantu gan... suskes selalu untuk Blognya

    ReplyDelete