Software Untuk Mengecek Hardisk Bad Sector Yang Ampuh

Software untuk mengecek hardisk bad sector - Halo sahabat blogger, Apakah pada saat ini kamu ingin mengecek kesehatan kondisi hardisk kamu, Apakah hardisk yang ada pada laptop atau komputer Kamu mengalami kerusakan bad Sector atau tidak? Memang seperti yang kita ketahui hardisk merupakan salah satu komponen yang ada pada komputer atau laptop yang sangat penting, karena dengan adanya hardisk kita dapat menyimpan berbagai file ke dalam komputer atau laptop. Seperti misalnya saja file musik, video, gambar, aplikasi dan file file lainnya.

Karena sangat pentingnya peranan dari hadis ini, Maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui kondisi kesehatan hardisk yang kita gunakan secara berkala agar performa komputer tetap berjalan dengan baik. Dalam cek kesehatan hardisk, ada dua hal yang harus kita lakukan yaitu cek secara fisik dan juga cek dengan menggunakan aplikasi.

Baca Juga :

Artian mengecek kondisi hardisk secara fisik, yaitu dengan cara membersihkan debu debu dan juga kotorannya agar hardisk terhindar dari goresan-goresan yang beresiko dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Sedangkan untuk cek hardisk menggunakan aplikasi, yaitu agar mengetahui adanya kesalahan yang terjadi pada hardisk dari dalam yang tidak terlihat.

Jika hardisk rusak bad sector terjadi pada fisik, maka sudah dipastikan tidak ada cara memperbaiki hardisk bad sector fisik. Akan tetapi jika kerusakan yang bukan hardisk bad sector fisik maka ada kemungkinan kita dapat memperbaiki nya dengan beberapa aplikasi untuk memperbaiki hardisk bad sector.

Nah, pada artikel kali ini, Saya akan mencoba berbagi beberapa aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengecek kondisi hardisk, untuk mengetahui apakah hardisk yang kamu gunakan terkena bad Sector atau tidak, agar kamu mengetahui kondisi dari harddisk yang ada pada komputer atau laptop. Berikut adalah daftar aplikasinya.


Software Untuk Mengecek Hardisk Bad Sector Yang Ampuh



1. Aplikasi Check Disk Windows


Windows sendiri telah Menyediakan fasilitas untuk para pengguna nya agar dapat mengecek kondisi hardisk melalui Tools "Chkdsk" atau sering di sebut Check Disk. Meski tools bawaan yang telah disediakan oleh Windows itu sendiri sangat sederhana, akan tetapi saya kira cukup powerfull untuk mengecek kondisi kesehatan dari hard disk.


Cara untuk menggunakan tools Check Disk ini sangatlah mudah sekali, kamu hanya perlu masuk ke Windows Explorer/File Explorer, Kemudian kamu pilih disk mana yg ingin di cek kondisinya. Setelah itu klik kanan, lalu lanjutkan dengan memilihProperties, & klik di bagian tab tools lalu klik check disk now.

2. Hard Disk Sentinel



Aplikasi Hard Disk Sentinel ini merupakan sebuah aplikasi yang sering saya gunakan, yg saya sukai dari aplikasi ini yaitu dapat mengecek kondisi hard disk. Selain itu Pengecekan pun dapat dimulai menurut suhu, performa kecepatan dai hardisk, lokasi dari bad sector, semua dapat dilakukan dengan menggunakan tools yang 1 ini. Selain dari pada itu aplikasi ini pun dapat menampilkan kondisi dari hard disk itu sendiri, di mulaidari merk hardisk tersebut, ukuran besar hardisk, dan informasi lainnya.

3. HDD Regenerator



software untuk mengecek hardisk bad sector terakhir ini pun tidak kalah hebatnya dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Meskipun jika dilihat dari penampilan aplikasi ini mempunyai interface yang sangat sederhana. akan tetapi performa yang disajikan oleh aplikasi ini dalam hal melakukan pengecekan hardisk sangatlah cepat dan juga maksimal. Aplikasi ini akan memberikan kamu banyak sekali pilihanketikan kita akan melakukan proses pengecekan, yang dimulai dari read and fasten, read simplest terrible region, & lain-lain.

Baca Juga :

Pada dasarnya masih banyak sekali software untuk mengecek hardisk bad sector yang ampuh. Namun jika kamu ingin aplikasi yang simple, kamu bisa menggunakan 3 aplikasi di atas untuk mengetahui hardisk bad sector. Semoga aplikasi yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments